Hubungan Pengetahuan tentang Personal Hygiene Genetalia dengan Kejadian Flour Albus pada Wanita Usia Subur Di Puskesmas Lalang Luas Kabupaten Mukomuko

Detail Cantuman

Text

Hubungan Pengetahuan tentang Personal Hygiene Genetalia dengan Kejadian Flour Albus pada Wanita Usia Subur Di Puskesmas Lalang Luas Kabupaten Mukomuko

XML

ABSTRAK
Dena Sarlita. 2021. Hubungan Pengetahuan Tentang Personal Hygiene Genetalia Dengan Kejadian Flour Albus Pada Wanita Usia Subur di Puskesmas Lalang Luas Kabupaten Mukomuko. Skripsi. Bengkulu: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Tri Mandiri Sakti Bengkulu. Pembimbing I Drs. H. S. Effendi, MS dan Pembimbing II Tria Nopi Herdiani, SST, M. Kes.
Tingginya angka kejadian flour albus pada umumnya disebabkan oleh beberapa hal diantanya pengetahuan tentang perilaku personal hygiene genetalia. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari hubungan pengetahuan tentang personal hygiene genetalia dengan kejadian flour albus pada wanita usia subur di Puskesmas Lalang Luas Kabupaten Mukomuko.
Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh wanita usia subur di wilayah kerja Puskesmas Lalang Luas Kabupaten Mukomuko sebanyak 1.839 pada bulan Juni-Juli 2021. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 95 orang. Penelitian ini menggunakan data primer kuesioner. Analisis data dilakukan secara univariat, bivariat dengan Uji Chi-Square.
Hasil penelitian didapatkan: (1) Dari 95 responden didapatkan 42 responden mengalami flour albus patologis dan 53 responden mengalami flour albus fisiologis atau tidak mengalami flour albus; (2) Dari 95 responden didapatkan 38 responden dengan pengetahuan kurang, 36 responden dengan pengetahuan cukup dan 21 responden dengan pengetahuan baik; (3) Ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan tentang personal hygiene genetalia dengan kejadian flour albus pada wanita usia subur di Puskesmas Lalang Luas Kabupaten Mukomuko, dengan kategori sedang. Diharapakan kepada kepada petugas advokasi melalui pendidikan kesehatan kepada wanita usia subur tentang menjaga kesehatan organ repoduksi.
Kata Kunci: Flour Albus, Pengetahuan Personal Hygiene Genetalia


Detail Information

Item Type
Essay
Penulis
DENA SARLITA - Personal Name
Student ID
2026040106.P
Dosen Pembimbing
Drs.H.S. Effendi, MS - - Dosen Pembimbing 1
Tria Nopi H, SST., M. Kes - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
15301
Edisi
Departement
STiKes Tri Mandiri Sakti Bengkulu
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit STiKes Tri Mandiri Sakti Bengkulu : Bengkulu.,
Edisi
Subyek
No Panggil
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail