Hubungan Mutu Pelayanan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Inap Tribrata Rumah Sakit Bhayangkara Kota Bengkulu

Detail Cantuman

Skripsi

Hubungan Mutu Pelayanan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Inap Tribrata Rumah Sakit Bhayangkara Kota Bengkulu

XML

ABSTRAK

Medo Azhari. (2021). Hubungan Mutu Pelayanan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Tribrata Rumah Sakit Bhayangkara Kota Bengkulu. Skripsi. Bengkulu: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Tri Mandiri Sakti Bengkulu. Pembimbing I: Nurul Khairani, STP, MKM dan Pembimbing II: Susilo Wulan, SE, MKM

Kepuasan pasien adalah suatu tingkat kepuasan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkannya dengan apa yang diharapkannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap Tribrata Rumah Sakit Bhayangkara Kota Bengkulu.
Jenis penelitian ini mengunakan Survey Analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang dirawat Inap di ruangan Tribrata Rumah Sakit Bhayangkara Kota Bengkulu pada Juni- Juli tahun 2021. Pengambilan sampel dengan teknik Accidental Sampling sebanyak 64 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji Chi-Square untuk semua variabel, untuk mengetahui keeratan hubungan digunakan uji statistik Contingency Coefficient.
Hasil penelitian dari 46 pasien terdapat 27 pasien (58,7%) yang mengatakan bahwa mutu pelayanan diruang rawat inap Tribrata Rumah Sakit Bhayangkara Kota Bengkulu bermutu; Dari 46 pasien terdapat 26 pasien (56,5%) yang mengatakan puas dengan pelayanan diruang rawat inap Tribrata Rumah Sakit Bhayangkara Kota Bengkulu; Ada hubungan yang signifikan antara mutu pelayanan dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap tribrata Rumah Sakit Bhayangkara Kota Bengkulu. Diharapkan kepada pihak Rumah Sakit Bhayangkara Kota Bengkulu agar senantiasa meningkatkan pelayanan guna tercapainya kepuasan pasien, khusunya pada pasien rawat inap.

Kata Kunci : mutu pelayanan,pasien, tingkat kepuasan


Detail Information

Item Type
Essay
Penulis
Medo Azhari - Personal Name
Student ID
1726020016
Dosen Pembimbing
Nurul Khairani, STP., MKM - - Dosen Pembimbing 1
Susilo Wulan, SE., MKMSusilo Wulan, SE., MKM - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
13201
Edisi
Departement
STIKES TRI MANDIRI SAKTI BENGKULU
Kontributor
Bahasa
Penerbit : .,
Edisi
Subyek
No Panggil
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail