Hubungan penerapan komunikasi terapeutik bidan dengan kepuasan pasien di ruang bangsal kebidanan rsud hasanuddin damrah manna kabupaten bengkulu selatan

Detail Cantuman

Text

Hubungan penerapan komunikasi terapeutik bidan dengan kepuasan pasien di ruang bangsal kebidanan rsud hasanuddin damrah manna kabupaten bengkulu selatan

XML

ABSTRAK
Puji Widya Rahayu. 2019. Hubungan Penerapan Komunikasi Terapeutik Bidan Dengan
Kepuasan Pasien Di Ruang Bangsal Kebidanan RSUD Hasanuddin Damrah Manna
Kabupaten Bengkulu Selatan. Pembimbing I: Mika Oktarina, SST, M.Kes. Pembimbing II:
Apriza Widya Damayanti, M.Keb.
Pelayanan kesehatan yang berkualitas tidak hanya ditentukan oleh ketepatan dalam
memberikan pelayanan tetapi dengan membina hubungan komunikasi yang dapat menyembuhkan
pasien (komunikasi terapeutik). Bidan dan perawat perlu memiliki keterampilan berkomunikasi
secara terapeutik dalam menjalankan perannya sehingga dapat menentukan keberhasilan pelayanan
atau asuhan kebidanan/keperawatan yang professional dengan memperhatikan kebutuhan holistik
pasien (Misi, Zulpahiyana, Sofyan, 2016).
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara penerapan komunikasi terapeutik
bidan dengan kepuasan ibu di ruang Bangsal Kebidanan RSUD Hasanuddin Damrah Manna
Kabupaten Bengkulu Selatan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan Cross sectional.
Sampel dalam penelitian ini diambil secara accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan
data primer yaitu observasi langsung dan kuesioner yang disebarkan kepada pasien di ruang
bangsal kebidanan RSUD Hasanuddin Damrah Manna Kabupaten Bengkulu Selatan serta data
sekunder yang dikumpulkan dari melihat catatan-catatan register bangsal kebidanan dan medical
Record RSUD Hasanuddin Damrah Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Analisis menggunakan
uji Chi-Square dan korelasi Rank Spearman.
Hasil penelitian menunjukan komunikasi terapeutik bidan termasuk dalam cukup yaitu
sebanyak 23 responden. Kepuasan pasienmasuk dalam kategori baik sebanyak 25 responden. Ada
hubungan antara penerapan komunikasi terapeutik bidan dengan kepuasan pasien ruang Bangsal
Kebidanan RSUD Hasanuddin Damrah Manna Kabupaten Bengkulu Selatan.
Kata kunci: Komunikasi Terapeutik, Kepuasan Pasien


Detail Information

Item Type
Essay
Penulis
Puji Widya Rahayu - Personal Name
Student ID
1826040091.P
Dosen Pembimbing
Mika Oktarina,SST,M.Kes - - Dosen Pembimbing 1
Apriza Widya D, SST.,M.Keb - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
15301
Edisi
Departement
STiKes Tri Mandiri Sakti Bengkulu
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit STiKes Tri Mandiri Sakti Bengkulu : .,
Edisi
Subyek
No Panggil
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail