Text
Hubungan pengetahuan dengan penatalaksanaan diare pada ibu yang mempunyai balita usia 2-5 tahun di wilayah kerja puskesmas perawatan Lais
XML
ABSTRAK
Edwin Trisno. 2018. Hubungan pengetahuan dengan penatalaksanaan diare
pada ibu yang mempunyai balita usia 2-5 tahun di Wilayah Kerja Puskesmas
Perawatan Lais. Skripsi. Bengkulu: Stikes Tri Mandiri Sakti. Pembimbing I:
Dr. H. Buyung Keraman, M.Kes. Pembimbing II: Ns. Vellyza Colin, S.Kep,
MAN
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari hubungan pengetahuan dengan
penatalaksanaan diare pada ibu yang mempunyai balita di Wilayah Kerja
Puskesmas Perawatan Lais.
Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Populasi dalam
penelitian ini ibu-ibu yang mempunyai balita yang sedang menderita diare yang
berobat ke Puskesmas Perawatan Lais. Pengambilan sampel kasus menggunakan
teknik accidental Sampling dimana metode ini dilakukan dengan cara mengambil
kasus atau responden yang kebetulan ada atau tersedia disuatu tempat dengan
karakteristik penelitian pada saat dilakukan penelitian.
Hasil penelitian didapatkan: (1) terdapat 18 orang (54,5%) penatalaksanaan
diarenya kurang baik, dan 15 orang (45,5%) penatalaksanaan diarenya baik; (2)
terdapat 11 orang (33,3%) berpengetahuan kurang, 13 orang (39,4%)
berpengetahuan cukup dan 9 orang (27,3%) berpengetahuan baik; (3) terdapat
hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan penatalaksanaan diare pada
ibu yang mempunyai balita di Wilayah Kerja Puskesmas Perawatan Lais, dengan
kategori hubungan sedang
.
Kata Kunci: Pengetahuan, penatalaksanaan diare
Detail Information
Item Type |
Essay
|
---|---|
Penulis |
Edwin Trisno - Personal Name
|
Student ID |
1626010032.P
|
Dosen Pembimbing |
Dr. H. Buyung Keraman, M.Kes - - Dosen Pembimbing 1
Ns. Vellyza Colin, S.Kep., MAN - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
14201
|
Edisi | |
Departement |
STiKes Tri Mandiri Sakti Bengkulu
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | STiKes Tri Mandiri Sakti Bengkulu : ., 2018 |
Edisi | |
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright | |
Doi |