Text
Pengaruh bermain puzzle terhadap kemampuan beradaptasi sosial pada siswa retardasimental di SDLB Dharma Wanita Kota Bengkulu tahun 2017
XML
ABSTRAK
Emilita Julika Sari. 2018. Pengaruh Bermain Puzzle Terhadap Kemampuan
Beradaptasi Sosial Pada Siswa Retardasi Mental di SDLB Dharma Wanita
Kota Bengkulu Tahun 2017. Skripsi. Bengkulu : Sekolah Tinggi Ilmu
Kesehatan Tri Mandiri Sakti Bengkulu. Pembimbing I Dr. H. Buyung
Keramat,M.Kes dan Pembimbing II Ns. Pawiliyah, S.Kep.MAN
Retardasi mental merupakan keadaan anak dimana anak tersebut
mengalami hambatan sehingga tidak dapat melalui perkembangan yang optimal.
Retardasi mental merupakan masalah dunia dengan implikasi yang besar terutama
bagi negara berkembang. Jumlah anak berkebutuhan khusus di Indonesia adalah
sekitar 7% dari total jumlah anak usia 0-18 tahun atau sebesar 6.230.000. Pada
anak dengan retardasi mental proses pembelajarannya lebih berfokus pada
kegiatan melatih anak dengan keterampilan yang memungkinkan mereka untuk
dapat berfungsi pada lingkungan sosial.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
Pengaruh Bermain Puzzle Terhadap Kemampuan Beradaptasi Sosial Pada Siswa
Retardasi Mental di SDLB Dharma Wanita Kota Bengkulu Tahun 2017.
Metode penelitian ini menggunakan menggunakan desain penelitian Pre
Exsperimental Design dengan bentuk rancangan One Group Pretest-Postest, Cara
pengambilan sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik
total sampling dengan jumlah sampel 12 reponden. Jenis data yang digunakan
pada penelitian ini adalah data primer, data yang diperoleh, diolah dan dianalisis
dengan menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat mengunakan uji T
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata anak yang mengalami
retardasi mental sebelum dilakukan permainan puzzle mempunyai adaptasi sosial
yang kurang baik dan rata-rata anak yang mengalami retardasi mental sesudah
dilakukan permainan puzzle mempunyai adaptasi sosial yang cukup baikdan ada
pengaruh antara bermain puzzle terhadap kemampuan beradaptasi sosial pada
siswa retardasi mental di SDLB Dharma Wanita Kota Bengkulu tahun 2017
(p=0,004).
Disarankan kepada kepada intansi kesehatan diharapkan dapat melakukan
upaya meningkatkan kesehatan anak dengan retardasi mental dengan melakukan
terapi-terapi kelompok pada anak dengan retardasi mental secara berkala dengan
tenaga-tenaga kesehatan yang terlatih dibidangnya sehingga masalah sosial anak
dengan retardasi mental dapat diminimalkan.
Kata Kunci : Retardasi Mental, Permainan puzzle, Adaptasi Sosial
Detail Information
Item Type |
Essay
|
---|---|
Penulis |
Emilita Julika S - Personal Name
|
Student ID |
1626010107.P
|
Dosen Pembimbing |
Dr. H. Buyung Keraman, M.Kes - - Dosen Pembimbing 1
Ns. Dian Dwiana, S.Kep., M.Kep - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
14201
|
Edisi | |
Departement |
STiKes Tri Mandiri Sakti Bengkulu
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | STiKes Tri Mandiri Sakti Bengkulu : ., 2018 |
Edisi | |
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright | |
Doi |