Text
Hubungan Prilaku Asertif Perawat Dalam Memberikan Pelayanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Seruni Rsud Dr.M. Yunus Bengkuku
XML
ABSTRAK
Getha Parera. 2019. Hubungan perilaku asertif perawat dalam memberikan
pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di RSUD Dr. M.
Yunus Bengkulu. Skripsi. Bengkulu: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Tri
Mandiri Sakti Bengkulu. Pembimbing I Drs. H. S. Effendi, MS dan
Pembimbing II Ns. Fatima Nuraini Sasmita, S.Kep, M.Kep
Kepuasan pasien merupakan salah satu bentuk mutu pelayanan rumah
sakit dimana semakin baik pelayanan yang diberikan kepada pasien, maka
semakin baik pula mutu pelayanan di rumah sakit. Salah satu cara untuk
meningkatkan kepuasan pasien yaitu dengan komunikasi secara asertif.
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari hubungan perilaku asertif
perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan
pasien di Ruang Seruni RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu.
Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain survey analitik
yang menggunakan rancangan penelitian cross sectional. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh pasien rawat inap di Ruangan Seruni RSUD Dr. M.
Yunus Bengkulu pada 24 Juni-19 Juli 2019. Pengambilan sampel dalam penelitian
ini menggunakan teknik accidental sampling yaitu pengambilan sampel yang
kebetulan tersedia pada waktu penelitian sebanyak 50 orang. Pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari wawancara
dan penyebaran kuesioner kepada pasien rawat inap di ruang Seruni RSUD Dr. M.
Yunus Bengkulu. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat.
Hasil penelitian didapatkan: (1) Dari 50 responden didapatkan hampir
sebagian pasien (44,0%) mengatakan perilaku asertif perawat kurang baik dan
sebagian besar pasien (56,0%) mengatakan perilaku asertif perawat baik; (2) Dari
50 responden didapatkan sebagian pasien (50,0%) mengatakan kurang puas
dengan pelayanan dan sebagian pasien (50,0%) mengatakan puas dengan
pelayanan; (3) Ada hubungan perilaku asertif perawat dalam memberikan
pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang Seruni RSUD
Dr. M. Yunus Bengkulu, dengan kategori hubungan sedang
Kata Kunci: Perilaku Asertif Perawat, Tingkat Kepuasan Pasien
Detail Information
Item Type |
Essay
|
---|---|
Penulis |
Getha Parera - Personal Name
|
Student ID |
1526010021
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
14201
|
Edisi | |
Departement |
STiKes Tri Mandiri Sakti Bengkulu
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | STiKes Tri Mandiri Sakti Bengkulu : ., 2019 |
Edisi | |
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright | |
Doi |