Text
Hubungan Dimensi Mutu Pelayanan BPJS Dengan Kepuasan Pasien Di Wilayah Kerja Puskesmas Pajar Bulan Kabupaten Seluma Tahun 2020
XML
ABSTRAK
Nenang Ilmuan. 2020. Hubungan Dimensi Mutu Pelayanan BPJS dengan
Kepuasan Paisen di Wilayah Kerja Puskesmas Pajar Bulan Kabupaten
Seluma Tahun 2020: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Tri Mandiri Sakti
Bengkulu. Pembimbing I Drs. H. S. Effendi dan Pembimbing II Ns. Dian
Dwiyana Maydinar, S.Kep, M.Kep
Pelayanan dikatakan baik, apabila memenuhi kebutuhan pasien, dengan
menggunakan persepsi pasien tentang pelayanan yang diterimanya. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui Hubungan Dimensi Mutu Pelayanan BPJS dengan
kepuasan pasien di Puskesmas Pajar Bulan Kabupaten Seluma Tahun 2020.
Penelitian menggunakan Desain penelitian Analitik dengan pendekatan
Corelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang berkunjung
ke Puskesmas Pajar Bulan yang menggunakan BPJS. Sampel berjumlah 40 orang
yang diambil dengan teknik accidental sampling. Jenis data yang digunakan dalam
penelitian ini menggunakan data primer dengan membagikan kuesioner pada
pasien BPJS yang datang berobat ke Puskesmas Pajar Bulan. Analisis data
dilakukan secara univariat dan bivariat.
Hasil penelitian didapatkan: Responden yang menyatakan mutu pelayanan
sangat baik (47,5%), baik (42.5%) dan kurang baik (10%). Responden yang
menyatakan sangat puas (52,5%), puas (42,5%) dan kurang puas (5%). Hasil
analisis korelasi Rank Spearman didapat nilai Rho = 0,243 dengan p
value=0,136>0,05 tidak signifikan, sehingga dinyatakan tidak ada hubungan
antara dimensi mutu pelayanan BPJS dengan kepuasan pasien di Puskesmas
Pajar Bulan Kabupaten Seluma Tahun 2020.
Kata Kunci : Dimensi mutu pelayanan BPJS, Kepuasan Pasien BPJS
Detail Information
Item Type |
Essay
|
---|---|
Penulis |
Nenang Ilmuan - Personal Name
|
Student ID |
1826010002.P
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
14201
|
Edisi | |
Departement |
STiKes Tri Mandiri Sakti Bengkulu
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | STiKes Tri Mandiri Sakti Bengkulu : ., 2020 |
Edisi | |
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright | |
Doi |