FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN POLI KESEHATAN IBU DAN ANAK DI PUSKESMAS BASUKI RAHMAD KOTA BENGKULU

Detail Cantuman

Text

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN POLI KESEHATAN IBU DAN ANAK DI PUSKESMAS BASUKI RAHMAD KOTA BENGKULU

XML

6
ABSTRAK
David Andrew Tambajong. 2018. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan
Kepuasan Pasien Poli Kesehatan Ibu dan Anak di Puskesmas Basuki
Rahmad Kota Bengkulu. Skripsi Bengkulu: Sekolah Tinggi Ilmu
KesehatanTri Mandiri Sakti Bengkulu. Pembimbing I. Sanisahhuri, SE,
M. Kes. Pembimbing II. Rina Aprianti, SKM, MPH
Kesehatan ibu dan anak menjadi target dalam tujuan pembangunan
Millenium (MDGs). Program kesehatan ibu dan anak menjadi sangat penting
karena ibu dan anak merupakan unsur penting pembangunan, hal ini mengandung
pengertian bahwa dari seorang ibu akan melahirkan calon-calon penerus bangsa
yaitu anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang
berhubungan dengan kepuasan pasien poli kesehatan ibu dan anak di Puskesmas
Basuki Rahmad Kota Bengkulu.
Jenis penelitian ini adalah survei analitik dengan menggunakan desain Cross
Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu yang berkunjung di poli
kesehatan ibu dan anak di Puskesmas Basuki Rahmad Kota bengkulu. Teknik
pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan accidental sampling dan
diperoleh sampel sebanyak 45 orang ibu. Pengumpulan data dalam penelitian
menggunakan data primer yang diperoleh dari wawancara langsung menggunakan
kuesioner dengan responden. Teknik Analisis data dilakukan dengan analisis
univariat dan bivariat dengan Uji Chi-Square.
Hasil penelitian didapatkan: dari 45 responden terdapat 18 (40,0%) ibu yang
menyatakan ketersediaan sarana kurang lengkap dan 27 (60%) ibu menyatakan
ketersediaan sarana lengkap. Terdapat 14 (31,1%) ibu yang menyatakan
pelayanan petugas kurang baik dan 31 (68,9%) ibu menyatakan pelayanan petugas
baik. Terdapat 4 (8,9%) ibu yang menyatakan kondisi lingkungan kurang baik dan
41 (68,9%) ibu menyatakan kondisi lingkungan baik. Penelitian ini menunjukkan
ada hubungan yang signifikan antara faktor ketersediaan sarana dengan kepuasan
pasien dengan kategori erat, ada hubungan yang signifikan antara faktor
pelayanan petugas dengan kepuasan pasien dengan kategori sedang, dan tidak ada
hubungan yang signifikan antara faktor kondisi lingkungan dengan kepuasan
pasien pada ibu yang berkunjung di poli kesehatan ibu dan anak di Puskesmas
Basuki Rahmad Kota Bengkulu.
Kata Kunci : Ketersediaan Sarana, Pelayanan Petugas, Kondisi Lingkungan,
Kepuasan Pasien


Detail Information

Item Type
Essay
Penulis
DAVID ANDREW TAMBAJONG - Personal Name
Student ID
1426020011
Dosen Pembimbing
Sanisahhuri,SE, M.Kes - - Dosen Pembimbing 1
Rina Aprianti, SKM, MPH - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
13201
Edisi
Departement
STiKes Tri Mandiri Sakti Bengkulu
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit STiKes Tri Mandiri Sakti Bengkulu : .,
Edisi
Subyek
No Panggil
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail