HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN RAWAT JALAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PESERTA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI PUSKESMAS JALAN GEDANG KOTA BENGKUL

Detail Cantuman

Text

HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN RAWAT JALAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PESERTA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI PUSKESMAS JALAN GEDANG KOTA BENGKUL

XML

ABSTRAK
Resy Ika Putri, 2018. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Rawat
Jalan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Jaminan Kesehatan Nasional di
Puskesmas Jalan Gedang Bengkulu. Skripsi.Bengkulu : Sekolah Tinggi Ilmu
Kesehatan Tri Mandiri Sakti Bengkulu. Pembimbing I Drs. H. S. Effendi,
MS. Dan Pembimbing II Susuilo Wulan, SE,MKM
Keberhasilan yang diperoleh suatu layanan kesehatan dalam meningkatkan
mutu pelayanannya berhubungan dengan kepuasan pasien. Oleh sebab itu,
manajemen suatu pelayanan kesehatan perlu menganalisis sejauh mana mutu
pelayanan yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
hubungan mutu pelayanan kesehatan rawat jalan dengan tingkat kepuasan pasien
peserta JKN di Puskesmas Jalan Gedang Kota Bengkulu.
Penelitian ini merupakan suatu jenis Survei Analitik, dengan desain Cross
Sectional. Populasi penelitian adalah seluruh pasien yang berobat dengan JKN ke
Puskesmas Jalan Gedang pada tanggal 13 Agustus sampai 13 September 2018.
Sampel penelitian ini adalah pasien rawat jalan berjumlah 80 orang. Teknik
pengambilan data menggunakan Accidental Sampling dengan analisis Univariat
dan Bivariat (Uji Chi-Square).
Hasil penelitian ini didapatkan: 1) Dari 80 orang menyatakan baik
sebanyak 51 (63.75%) dan kurang baik 29 orang (36.25%). 2) Kepuasan Pasien
dari 80 orang menyatakan puas 50 orang (62.5% ) dan kurang puas 30 orang
(37.5%) di Puskesmas Jalan Gedang Kota Bengkulu.
Hasil ini diperolaeh dari Uji Chi-Square (Continuity Correction)
menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara mutu pelayanan dengan
kepuasan pasien rawat jalan puskesmas Jalan Gedang Kota Bengkulu.
Saran Puskesmas Jalan Gedang diharapkan dapat meningkatkan mutu
layanan dengan 5 dimensi mutu yaitu realibility, asssurance responsiveness,
empathy, dan tangibles, untuk meciptakan pelayanan kesehatan dengan mutu
yang semakin meningkat.
Kata kunci: Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien


Detail Information

Item Type
Essay
Penulis
RESY IKA PUTRI - Personal Name
Student ID
1626020002. P
Dosen Pembimbing
Drs.H.S. Effendi, MS - - Dosen Pembimbing 1
Susilo Wulan, SE. MKM - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
13201
Edisi
Departement
STiKes Tri Mandiri Sakti Bengkulu
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit STiKes Tri Mandiri Sakti Bengkulu : .,
Edisi
Subyek
No Panggil
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail