HUBUNGAN MUTU PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PUSKESMAS TELAGA DEWA KOTA BENGKULU

Detail Cantuman

Text

HUBUNGAN MUTU PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PUSKESMAS TELAGA DEWA KOTA BENGKULU

XML

ABSTRAK
Lia Permata Sari. 2021. Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan
Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan pada Masa Pandemi Covid-19 di
Puskesmas Telaga Dewa Kota Bengkulu. Skripsi. Bengkulu: Sekolah Tinggi
Ilmu Kesehatan Tri Mandiri Sakti Bengkulu. Pembimbing I : Dr. Yandrizal,
SKM, M.Kes dan Pembimbing : Pitri Subani, SST, M.Kes.
Kualitas pelayanan merupakan salah satu faktor penting dalam
pemanfaatan layanan kesehatan. Harapan konsumen pada suatu layanan selalu
berubah sehingga kualitas layanan juga harus berubah atau disesuaikan. Penelitian
ini bertujuan untuk mempelajari tentang “Hubungan Mutu Pelayanan dengan
Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan pada Masa Pandemi COVID-19
di Puskesmas Telaga Dewa Kota Bengkulu”.
Penelitian ini merupakan penelitian Survey Analitik dengan desain cross
sectional. Populasi penelitian ini adalah pasien yang datang berobat di Puskesmas
Telaga Dewa Kota bengkulu dari tanggal 30 Juli sampai 21 Agustus tahun 2021
sebanyak 121 responden. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini
menggunakan Purposive sampling.
Hasil penelitian didapatkan : 1). Dari 121 responden terdapat 52 responden
menyatakan mutu pelayanan tidak baik dan 69 responden menyatakan mutu
pelayanan baik, 2). Dari 121 responden terdapat 39 responden menyatakan tidak
puas, 65 responden menyatakan puas, dan 17 responden menyatakan sangat puas.
3). Terdapat hubungan signifikan antara mutu pelayanan dengan kepuasan pasien
terhadap pelayanan kesehatan di masa pandemi di Puskesmas Telaga Dewa Kota
Bengkulu, dengan kategori hubungan kuat.
Diharapkan pihak puskesmas dapat meningkatkan mutu pelayanan
kesehatan lebih baik lagi agar pasien merasa nyaman saat berkunjung ke
pelayanan kesehatan.
Kata kunci : Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien


Detail Information

Item Type
Essay
Penulis
Lia Permata Sari - Personal Name
Student ID
2026040097.P
Dosen Pembimbing
Dr. Yandrizal, SKM.,M.Kes - - Dosen Pembimbing 1
Pitri Subani, SST., M. Kes - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
15301
Edisi
Departement
STiKes Tri Mandiri Sakti Bengkulu
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit STiKes Tri Mandiri Sakti Bengkulu : .,
Edisi
Subyek
No Panggil
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail