HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG STIMULASI DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK IT BAITUL IZZAH KOTA BENGKULU

Detail Cantuman

Text

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG STIMULASI DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK IT BAITUL IZZAH KOTA BENGKULU

XML

ABSTRAK
Aftiti Ningsih. 2020. Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua Tentang
Stimulasi Dengan Perkembangan Anak Usia 4-5 Tahun Di TK IT Baitul Izzah
Kota Bengkulu. Skripsi. Bengkulu : Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Tri
Mandiri sakti Bengkulu. Pembimbing I Dr. Buyung Keraman, M.Kes dan
Pembimbing II Metha Fahriani, SST, M.Kes.
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari hubungan tingkat pengetahuan
dengan perkembangan anak usia 4-5 tahun di TK IT Baitul Izzah Kota Bengkulu.
Penelitian ini menggunakan desain Cross Sectional. Populasi dalam
penelitian ini seluruh orang tua yang mempunyai anak berusia 4-5 tahun di kelas
“A” di TK IT Baitul Izzah Kota Bengkulu yang besarnya 43 orang anak. Teknik
pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Total Sampling .
Pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan data primer dengan cara
meyebar kuisoner dimana responden menjawab salah satu jawaban yang telah
disediakan dan data sekunder dengan cara melihat data yang sudah ada di TK IT
Baitul Izzah Kota Bengkulu.
Hasil Penelitian didapatkan: (1) dari 43 orang terdapat responden 7 orang
responden memiliki tingkat pengetahuan kurang, 28 orang responden memiliki
tingkat pengetahuan cukup, dan 8 orang responden memiliki tingkat pengetahuan
baik, (2) dari 43 responden 4 orang responden (9,3%) kemungkinan terdapat
penyimpangan perkembangan dari usia yang dimiliki, 23 orang responden (53,5%)
memiliki perkembangan meragukan dari usia yang dimiliki, dan 16 orang
responden (37,2%) memiliki perkembangan sesuai usia yang dimiliki. (3) Ada
hubungan yang bermakna antara pengetahuan dengan perkembangan anak usia 4-5
tahun dengan katagori hubungan sedang
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan orang tua
tentang stimulasi sangat mempengaruhi perkembangan anak usia 4-5 tahun. Maka
perlu untuk meningkatkan sosialisasi dan penyuluhan tentang stimulasi dan
perkembngan anak usia 0-5 tahun
Kata kunci : Pengetahuan, Perkembangan anak usia 4-5 tahun.


Detail Information

Item Type
Essay
Penulis
AFTITI NINGSIH - Personal Name
Student ID
1926040186.P
Dosen Pembimbing
Dr. H. Buyung Keraman, M.Kes - - Dosen Pembimbing 1
Metha Fahriani,SST,M.Kes - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
15301
Edisi
Departement
STiKes Tri Mandiri Sakti Bengkulu
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit STiKes Tri Mandiri Sakti Bengkulu : Perpustakaan STikes TMS Bengku.,
Edisi
Subyek
No Panggil
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail