Hubungan Pengetahuan dan Dukungan Suami dengan Pemberian ASI Ekslusif di Posyandu Anggrek V Puskesmas Perumnas Kota Lubuklinggau

Detail Cantuman

Skripsi

Hubungan Pengetahuan dan Dukungan Suami dengan Pemberian ASI Ekslusif di Posyandu Anggrek V Puskesmas Perumnas Kota Lubuklinggau

XML

ABSTRAK

Hendriyani. (2019). Hubungan Pengetahuan dan Dukungan suami dengan Pemberian ASI Eksklusif di Posyandu Anggrek V Puskesmas Perumnas Kota Lubuklinggau: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Tri Mandiri Sakti Bengkulu. Pembimbing I. Suryani, SKM, M.Kes (Epid). Pembimbing II. Nurul Khairani, STP, MKM.

Pemberian Air Susu Ibu (ASI) bagi bayi baru lahir merupakan salah satu upaya untuk mencegah kematian dan masalah kekurangan gizi pada bayi dan balita. Cakupan ASI eksklusif pada kota Lubuklinggau tahun 2017 mengalami penurunan menjadi 48,9%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan dukungan suami dengan pemberian ASI Eksklusif di Posyandu Anggrek V Puskesmas Perumnas Kota Lubuklinggau.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Survei Analitik adalah suatu penelitian yang mencoba menggali bagaimana dan mengapa fenomena itu terjadi dengan desain Cross Sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sample Random Sampling diperoleh sampel sebanyak 60 ibu. Pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis univariat dan bivariat dengan uji statistik Chi-Square melalui program SPSS.
Hasil penelitian didapatkan : dari 60 ibu terdapat 22 ibu (36,7%) berpengetahuan cukup baik, ada 34 ibu (56,7%) yang dukungan suaminya baik, ada 32 ibu (53,3%) yang memberikan ASI eksklusif terhadap bayinya. Ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan dan dukungan suami dengan pemberian ASI eksklusif di Posyandu Anggrek V Puskesmas Perumnas Kota Lubuklinggau dengan kategori sedang.
Diharapkan Puskesmas Perumnas lebih meningkatkan promosi tentang pentingnya pemberian ASI eksklusif bagi bayi baik melalui pemasangan poster atau spanduk serta meningkatkan keaktifan kader posyandu dalam memberikan informasi mengenai ASI eksklusif.

Kata Kunci : ASI Eksklusif, Dukungan Suami, Pengetahuan


Detail Information

Item Type
Essay
Penulis
Hendriyani - Personal Name
Student ID
1726020034.P
Dosen Pembimbing
Suryani, SKM, M.Kes, (Epid) - - Dosen Pembimbing 1
Nurul Khairani, STP., MKM - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
13201
Edisi
Departement
STIKES TRI MANDIRI SAKTI BENGKULU
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit STiKes Tri Mandiri Sakti Bengkulu : Bengkulu.,
Edisi
Subyek
No Panggil
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail