Pengaruh Penyuluahn 6 Langkah Cuci Tangan Terhadap Pengetahuan Siswa Kelas V SD Negeri 04 Rejang Lebong

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Penyuluahn 6 Langkah Cuci Tangan Terhadap Pengetahuan Siswa Kelas V SD Negeri 04 Rejang Lebong

XML

ABSTRAK

Ulfa Seftia. 2021. Pengaruh Penyuluhan 6 Langkah Cuci Tangan Terhadap Pengetahuan Siswa Kelas V SD Negeri 04 Rejang Lebong. Skripsi. Bengkulu: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Tri Mandiri Sakti Bengkulu. Pembimbing I Ns. Fernalia S.Kep, M.Kep, dan Pembimbing II Vike Pebri Giena, S.Kep,Ns.MNS.
Aspek perilaku merupakan dasar dalam upaya peningkatan status kesehatan masyarakat yang merupakan pilar utama dalam visi pembangunan kesehatan. Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) merupakan perilaku kesehatan yang dilakukan oleh individu, keluarga dan masyarakat dalam menolong dirinya sendiri agar tetap sehat, adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penyuluhan 6 langkah cuci tangan terhadap pengetahuan siswa kelas V SD Negeri 04 Rejang Lebong.
Penelitian ini dilakukan di kelas V (A dan B) SD Negeri 04 Rejang Lebong dan waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2021. Penelitian ini menggunakan desain Pre Eksperimental dengan penggunaan perancangan One group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V A dan Kelas V B SDN 04 Rejang Lebong yang hadir pada hari itu berjumlah 30 orang siswa yang terdiri dari Kelas V A dan V B.
Penelitian ini menggunakan data primer yang didapat melalui penelitian langsung pada siswa kelas V SD Negeri 04 Rejang Lebong menggunakan kuesioner. Karena kedua sampel tidak berdistrisbusi normal maka uji beda dilakukan dengan menggunakan uji Wilcoxon.
Hasil penelitian didapatkan: ada pengaruh penyuluhan 6 langkah cuci tangan terhadap pengetahuan Siswa Kelas V SD Negeri 04 Rejang Lebong dalam menghadapi New Normal pada Mahasiswa Keperawatan STIKES Tri Mandiri Sakti Bengkulu. Diharapkan siswa-siswi Sekolah Dasar dapat lebih giat dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilan tentang cara mencuci tangan 6 langkah secara mandiri dengan baik dan benar.

Kata Kunci: Penyuluhan, 6 langkah cuci tangan, pengetahuan


Detail Information

Item Type
Essay
Penulis
Ulfa Seftia - Personal Name
Student ID
1926010068.P
Dosen Pembimbing
Ns. Fernalia, S.Kep.,M.Kep - - Dosen Pembimbing 1
Vike Pebri Giena,Ns., MNS - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
14201
Edisi
Departement
STIKES TRI MANDIRI SAKTI BENGKULU
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit STiKes Tri Mandiri Sakti Bengkulu : Bengkulu.,
Edisi
Subyek
No Panggil
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail