Text
PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN PROGRAM UNDERWEAR RULES DALAM PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP PENGETAHUAN ORANG TUA ANAK PRASEKOLAH DI PAUD AL-PADILAH KOTA BENGKULU
XMLAnak prasekolah sangat rentan terhadap peleceh seksual, mengingat
mereka belum paham mengenai masalah seksualitas dan tidak menutup
kemungkinan bahwa anak akan menjadi korban kekerasan seksual sehingga
seharusnya orang tua berusaha mencegah dengan memberikan pendidikan seksual
pada anak sedini mungkin yang mudah di pahami dan menyenangkan bagi anak
salah satunya yaitu program underwear rules. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan program underwear rules terhadap
pengetahuan orang tua dalam pencegahan kekerasan seksual pada anak prasekolah
di PAUD Al-Padilah Kota Bengkulu dan telah dilakukan penelitian dari tanggal
21 Juli-23 Juli 2022.
Penelitian ini menggunakan sampel dalam penelitian ini adalah bagian dari
populasi yang di ambil dengan cara total sampling yaitu sebanyak 30 responden.
Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, data dianalisis
menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat.
Hasil penelitian ini menunjukkan dari 30 sampel didapatkan nilai rata-rata
pretest 6.27 dan nilai rata-rata posttest 12.43. Berdasarkan hasil analisa data
diperoleh nilai dari hasil uji statistik Uji Wilcoxon didapat nilai p-value =
0,000<0,05 signifikan, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya: Ada
pengaruh pendidikan kesehatan program underwear rules dalam pencegahan
kekerasan seksual terhadap pengetahuan orang tua anak prasekolah di PAUD AlPadilah Kota Bengkulu.
Kata kunci : Anak, Kekerasan Seksual, Underwear Rules
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
CHAIRISKA PUTRI MEUNASAH SIREGAR - Personal Name
|
Student ID |
1826010056
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
14201
|
Edisi |
Published
|
Departement | |
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | STiKes Tri Mandiri Sakti Bengkulu : Bengkulu., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright | |
Doi |